Ini 10 Hiburan Marine Craft dan Perlengkapannya, Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah


Berhubung membuat marine craft sendiri bagi saya sangat mahal, saya berbagi saja dengan tulisan ini mungkin ada yang sanggup membuatnya sendiri di rumah atau do it your self (DIY), atau mungkin mau ngajak saya buat? Boleh hehe. Menurut saya pribadi engineering merupakan hiburan dan bidang marine termasuk minat utama saya saat ini. Saya akan memberikan sedikit penjelasan mengasyikkan diri dengan membuat craft untuk menyenangkan diri di air, meskipun saya sendiri belum pernah membuatnya hehe.

Berikut beberapa craft keren yang bisa dibuat sendiri di rumah.

1. Hovercraft

Alat transportasi ini biasanya digunakan untuk daerah rawa yang sulit menggunakan propeller di air sebagai alat penggerak utamanya. Sayangnya lebih banyak digunakan untuk kepentingan militer, alat ini jarang sekali digunakan untuk kepentingan angkutan umum. Jika ingin dinikmati pribadi tersedia di pasaran yang dapat digunakan untuk satu dan dua penumpang. Kendala utamanya mengapa di Indonesia jarang orang memakainya karena beli satu saja seperti beli mobil, lalu pilih mana hovercraft mainan atau mobil?


Jangan khawatir, kalian tetap bisa menikmatinya dengan membuatnya sendiri di rumah. Ada banyak tutorial yang bisa dicari di Youtube karena sepengatuan saya, banyak project sains anak sekolahan luar negeri yang membuat hovercraft. Cukup sediakan satu diesel engine bekas saja dengan sedikit perhitungan dan ditambah barang seadanya di sekitarmu saya yakin bisa.

2. Waterbike

Nah ini alat yang sering saya buat, sayangnya tidak pernah selesai. Intinya bersepeda di air, kombinasikan pedal dengan propeller dengan menambahkan benda apung apapun yang bisa kamu dapat. Sebenarnya produk di pasaran sudah banyak mulai dari yang murah seharga motor atau yang mahal seharga mobil. Namun, apa salahnya membuat yang murah di rumah?


Kalian bisa membuatnya dengan melihat banyak tutorial di youtube. Bisa juga dengan mencari iklan produk waterbike yang sudah banyak tersebar lalu mengadopsi desainnya.

3. Jetsurf

Pernah lihat iklan rokok yang ada hovercraft dan papan selancar bermesin? Nah, itu semua bisa dibuat di rumah. Khusus untuk papan selancar boleh dicari barang apa saja yang punya daya apung yang sangat ringan. Modif sesuai dengan bentuk yang diinginkan, boleh saja didesain hanya benda apungnya saja dan menambah dayung, lebih asik lagi jika ditambah engine satu silinder di pasaran. Dengan tambahan engine itu, kalian sudah bisa menikmati seperti di tipi-tipi hehe.


4. RC Boat

RC boat adalah craft yang paling murah. Bisa paling murah jika memodifikasi dari mainan RC mobil di pasaran yang harganya cuma ratusan ribu dengan menambah propeller dan benda apung. Atau jika ingin custom dan lebih cepat nyalinya dapat diorder partnya online. Risikonya harus sedia kocek lebih banyak, untuk versi full elektronik bisa disediakan beberapa juta saja. Ada versi motor engine, jika kalian menginginkannya bolehlah sediakan beberapa juta dan bahkan puluhan juta untuk performa maksimal.


5. Boat

Ini alat paling klasik untuk bermain di air, kalau dulu saya tebang pohon pisang saja sudah bisa hanyut bareng temen di kali, lumayan seru. Kalau ingin lebih high class bisa dibuat bentuk lambung kapal dengan kayu atau fiber. Di daerah kalian pasti ada yang jual kayu triplek atau bahan fiber. Meskipun sedikit merogoh kocek tetapi bermain perahu klasik juga mengasyikkan. Boleh juga jika ingin ditambahkan diesel engine yang banyak di pasaran.


6. Floating Barge

Pernah piknik di tengah danau? Kalau belum coba buat floating barge di rumah. Sederhana saja, kalau ada gentong boleh saja dipakai, kalau ada galon boleh, asalkan mengapung. Jangan lupa diberi benda datar dijajaran gentong dan sejenisnya itu. Jika ingin memiliki stabilitas yang lebih tinggi bisa ditambahkan semacam fin di bagian tengah dengan kedalaman tertentu.


7. Mini Boat Dock

Punya kapal inflate ataupun fiber namun tidak punya mini dock? Ketinggalan jaman. Dock ini penting untuk perawatan kapal, jangan dibiarkan di pinggir danau ataupun pantai saja. Jika selesai taruhlah di tempat yang terbebas dari air dan bersihkan agar kualitas material terjaga. Buat perlengkapan dock sendiri di rumah, sederhananya dengan membuat pengait kapal dengan ketinggian tertentu saja. Atau bisa dibuat semacam frame-frame menyesuaikan bentuk kapal.


8. Termoelektrik Generator

Anak jaman sekarang pinter memanfaatkan termoelektrik sebagai generator, meskipun dulunya digunakan sebagai pendingin komponen komputer. Di satu sisi termoelektrik bisa ditempelkan ke air dan satu sisinya lagi di cat hitam menghadap matahari, maka perbedaan suhu itu akan menghasilkan energi listrik. Komponen ini bisa dengan mudah dibeli online, sayangnya kalian harus membelinya dalam jumlah banyak jika ingin mendapat energi listrik yang optimal. Harganya cukup mahal per unitnya.


9. Keranda Apung

Buat saja keranda apung di rumah dengan bahan seadanya, atau jika ingin lebih asik buat dengan fiber. Selain bisa dibuat jalan setapak di atas air, keranda apung pastinya bisa untuk memelihara ikan tanpa membuat kolam di darat. Utamanya jika rumahmu dekat pantai atau danau, manfaatkanlah.


10. Kapal Selam 

Khusus untuk craft yang ini meskipun dibuat di rumah juga membutuhkan barang yang mahal. Sangat bisa jika ingin dibuat untuk satu orang saja. Setidaknya ada fiber ataupun pelat yang bisa dibentuk sebagai lambung. Jangan lupa menambahkan penggerak utama, rudder, sekaligus tanki air yang terkoneksi dengan sistem kompresor. Tanki air diperlukan untuk menyelam, jika ingin kembali ke permukaan bisa menggunakan kompresor untuk mengeluarkan air di tanki. Jangan sampai lupa untuk perlengkapan safetynya, setidaknya ada life jacket di badan kamu. Ketika kapal gagal untuk kembali ke permukaan, bisa langsung keluar kapal dan mengapung.


Saya harap keseruan maritim hadir dari rumah kalian semua hehe.

Comments

Popular posts from this blog

Menikmati Perjalanan

Terjebak Isu Internasional

Dilema Kapal Selam Nasional