Sistem pada Kapal

Sistem Permesinan Kapal (Sumber: iliketowastemytime.com)
Tulisan ini dibuat karena saya sedang rindu saja berkelimut dengan sistem kapal. Bagi yang menemukan tulisan ini untuk kepentingan akademik harap untuk dibaca saja, tidak untuk dijadikan referensi.
---

Sistem pada kapal dapat dibagi menjadi dua bagian utama yaitu sistem perpipaan dan sistem kelistrikan. Semua hal yang berkaitan dengan permesinan yang dilengkapi dengan pipa sebagai alat penunjang utama agar sistem berjalan itulah sistem perpipaan. Sedangkan sistem kelistrikan untuk semua hal yang menggunakan listrik agar bisa beroperasi.

Perpipaan pada kapal sebenarnya terlihat mudah jika kita lihat gambar skematiknya. Namun, kaidah teknik dalam pengerjaannya harus diperhatikan sesuai dengan aturan dan nalar yang berlaku pada kapal. Sistem ini merupakan sistem yang dominan berada di kamar mesin, sebagian kecil saja menyebar ke seluruh bagian kapal seperti fire system.

Sama halnya dengan sistem kelistrikan, sistem ini terlihat mudah jika dilihat skematiknya. Hal yang terpenting dari sistem ini yaitu memastikan kebutuhan daya kapal kita cukup sehingga saat memilih generator dapat memenuhi semua elemen yang membutuhkan listrik, baik secara continue ataupun intermitten. Oleh karena itu, sistem ini bisa dikatakan merupakan sistem vital.

Kedua sistem tersebut tidak bisa dikerjakan secara terpisah. Keduanya harus ditemukan dengan merencanakan setiap komponen yang harus ada pada kapal. Jika ada dua engineer maka mereka berdua harus tetap berkomunikasi ketika membuat gambar perencanaan.

Bersambung...

Comments

Popular posts from this blog

Terjebak Isu Internasional

Menikmati Perjalanan

Tips Bijak Menanggapi Isu Nasional Kaum Milenial