Menikmati Perjalanan


Selalu senang menikmati perjalanan. Tentang apa yang kita tuju, tentang puas yang tak kunjung sampai. Hasrat manusia selalu haus akan segala liku, meski kadang menyakitkan, rindu selalu hadir untuk mengenang. Jika ada orang yang bilang hidup adalah perjalanan, itu baper aja. Perjalanan itu proses menuju tujuan yang kita kehendaki. Kalau ditanya orang, "Kamana bro?", nah berarti itu nunjukin kalau kamu sedang dalam perjalanan.

Proses, itu perjalanan, dalam konteks apapun.

Setiap orang punya impian dan harapan, tapi tidak semua punya tujuan. Gak punya tujuan artinya geje, gak jelas. Kalau ada yang bilang, "let it flow, slow...", itu bahaya. Ujungnya kalau ada orang geje tanpa arah pasti tersesat. Memang menyenangkan kadang tersesat, pelajaran bisa banyak diambil. Sayangnya, itu memakan waktu yang kita nggak bisa membuatnya kembali. Alangkah baiknya jika setiap perjalanan yang kita jalani punya rencana.

Direncanakan pun kadang masih sesat. Pernah nggak punya rencana liburan ke pantai tapi jalannya salah ke tempat lain? Itu sesat, tersesat. Jalan keluarnya yaa banyakin tanya orang, tanya sini tanya sana tanya situ yang penting nyampe. Lebih lagi kalau mau berangkat minta doa ke orang terdekat. Yaa namanya rencana semua butuh dukungan faktor x bro. Meskipun usaha kita 99% maksimal kalau 1% faktor x nggak ngiyain ya sesat juga bro.

Tentu perjalanan dengan rencana lebih baik daripada asal jalan aja. Ada nggak yang pernah ngajak cewe terus deket terus bilang, "jalanin aja dulu", ujungnya pasti sesat. Beda sama yang bilang, "kita bulan depan nikah". Jalan atau nggak jalan ya jalan sendiri buat ke pelaminan. Jelas beda, satunya nggak punya rencana, satunya punya.

Oke, kalau bosen sama contoh itu kita ganti yang lain. Misal jadi pengusaha, itu juga butuh rencana tujuan. Berapa omset hari ini, minggu depan, bulan depan, sampai selamanya, penting bro. Kalau nggak nyampe target, ya tanya orang lain, seperti seorang mentor bisnis. Tapi jalan juga akhirnya. Beda sama orang yang asal pengen usaha pasti nggak jelas. Investor pun bakal milih orang yang punya rencana daripada cuma jalan aja nggak jelas.


Kalau ada orang yang bisa menikmati proses, itu orang yang menikmati perjalanan. Biasanya orang yang seperti itu sudah punya tujuan, jelas, tegas, dan punya prinsip. Kalau tidak menikmati berarti orang itu nggak jelas. Bagaimana mau menikmati perjalanan kalau tujuan aja nggak ada, yang ada malah bingung. Serba dilema, tapi yaa mau bagaimana lagi.

Coba dipikirin lagi, apa perjalanan yang selama ini kita jalani nikmat atau nggak.

Comments

Popular posts from this blog

Bersiap Sambut Kapal Berbahan Bakar LNG di Indonesia

Kuliah untuk Ijasah?

Sang Tokoh : Katanya Anak Teknik, Gitu Aja Nggak Bisa