Ingin Membuat Kapal Induk

Apakah negara ini membutuhkan kapal induk? Sepertinya tidak, dan maksud tulisan ini bukanlah ingin membuat kapal induk untuk negara. Kapal induk yang saya maksud adalah kapal untuk menunjang inovasi teknologi kelautan.

Berbagai ide tentang dunia kelautan rasanya masih cukup populer hingga saat ini. Pada dasarnya, saya memantau trend ini dari lingkungan terdekat ataupun secara nasional dari sisi bangkitnya trend pembicaraan publik. Harus saya akui bahwa hal ini dimulai saat Presiden Jokowi menggaungkan konsep poros maritim. Ini berdampak cukup signifikan untuk bidang yang saya geluti yaitu dunia teknologi perkapalan dan kelautan. 

Sejak konsep poros maritim dunia digaungkan, lingkungan saya langsung populer dan semangat merealisasikan berbagai teknologi kelautan. Semangat itu tumbuh dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, dosen, kolega, dan para alumni. Oleh sebab itu, wajar jika saya melihat bahwa hal ini memerlukan sebuah "kapal induk" khusus untuk memfasilitasi trend tersebut. Sangat disayangkan jika momen ini tertinggal begitu saja, ini merupakan sebuah peluang yang perlu diambil. 

Saya akan fasilitasi dari yang saya mampu terlebih dahulu. Inovasi teknologi kelautan tersebut akan saya mulai dari bidang penelitian saya. Jika saya lakukan untuk memfasilitasi semua teknologi kelautan saat ini juga maka tidak realistis. Cakupan terlalu luas sehingga belum layak untuk dieksekusi. Bentuk realisasinya cukup sederhana, kapal induk yang saya maksud akan berupa sebuah roadmap penelitian. Adanya sebuah roadmap akan memperkuat posisi kontribusi penelitian terhadap upaya untuk berinovasi. 

Pembuatan roadmap membutuhkan tinjauan pelitian terkini dan stakeholder terkait. Hal tersebut akan memberikan dasar apakah penelitian yang akan dilakukan tersebut dibutuhkan, layak dieksekusi, dan berkelanjutan. Tiga penilaian tersebut perlu dipertimbangkan sebab cukup mempengaruhi output dan outcome penelitian. Kedepan, hasilnya akan digunakan sebagai portofolio untuk membuat kapal induk yang lebih besar sehingga dapat merealisasikan "kapal induk teknologi kelautan" yang sebenarnya yaitu kapal untuk memfasilitasi kemajuan seluruh inovasi teknologi kelautan.

Comments

Tulisan yang banyak dibaca

Kembali Ke Kampus Perjuangan

Teruntuk Angkatan 2011 Teknik Sistem Perkapalan

Menghadapi Krisis Kepribadian