Akankah Propulsi Kapal Luar Angkasa Menggantikan Sistem Propulsi Kapal Laut?

Baru ini beredar sebuah jurnal yang menunjukkan kemajuan penting akan sistem propulsi kapal luar angkasa yaitu penemuan warp bubble. Sekilas tentang warp bubble ini yaitu sebuah penemuan yang dapat membantu benda luar angkasa dapat bergerak melebihi kecepatan cahaya. Di sisi lain, terdapat thermal propulsion yang juga diusulkan menjadi sistem propulsi kapal luar angkasa. Namun, apakah teknologi tersebut dapat digunakan pada kapal laut? Mari kita bahas.

Penggerak utama kapal pada umumnya menggunakan sistem propeller. Sebuah propeller diputar dengan daya dan kecepatan putar tertentu sehingga dapat memberikan daya dorong terhadap lambung kapal. Dibandingkan dengan kapal luar angkasa, sistem propulsi kapal laut tergolong sederhana karena berbasis mekanik. Disamping, jika dibandingkan ratusan tahun yang lalu, sistem propeller merupakan sistem yang maju. Dahulu, layar kapal merupakan alat utama untuk mendorong kapal atau bahkan hanya dengan alat dayung.

Sangat mungkin, beberapa ratus tahun kemudian, sistem propulsi kapal angkasa adalah teknologi yang biasa. Bahkan sangat mungkin berdampak pada revolusi industri yang menyebabkan penggerak utama alat transportasi berubah total. Barangkali di kemudian hari, tahanan atau resistensi fluida air laut akan sangat dihindari karena tidak efisien sehingga kapal ditrasnformasi menjadi semacam kapal luar angkasa. Hal ini cukup menarik, namun perlu transfer knowledge dan investasi yang signifikan.

Penggunaan teknologi tepat guna membutuhkan proses yang lama agar dapat dimanfaatkan dan diterima oleh masyarakat. Selain itu, terdapat teknologi lainnya yang sedang mengantri untuk dapat digunakan. Investasi telah digelontorkan cukup banyak untuk teknologi yang sudah mengantri tersebut. Jadi, mustahil jika teknologi propulsi kapal luar angkasa akan sangat cepat menggantikan sistem propulsi kapal laut. Kecuali ada latar belakang atau konspirasi kuat yang meyakinkan masyarakat untuk segera merevolusi industri saat ini.

Comments

Tulisan yang banyak dibaca

Kembali Ke Kampus Perjuangan - Perjalanan

Pengalaman Mendapat Beasiswa PKPI/Sandwich-Like di Kanada - Riset

Hampir Ketinggalan Pesawat ke Kanada - Perjalanan